Sebelum Download Update IOS 16 Di Iphone, Berikut Persiapan Yang Harus Dilakukan

0
6

Sebelum kita melakukan Download dan upgrade sistem IOS yang ada pada iphone kita, pelajari dulu beberapa persiapan berikut ini , Update iOS 16 akan segera dibagikan untuk pengguna umum

Tepatnya update iOS 16 akan dirilis pada tanggal 12 September waktu California. Jika dikonversi ke zona waktu Indonesia, update iOS 16 akan dibagikan pada tanggal 13 September sekitar dini hari nanti.

Ada beberapa persiapan yang wajib kamu lakukan sebelum instal alias update ke iOS 16 di perangkat iPhone kesayangan. Persiapan untuk update iOS 16 ini sebaiknya wajib kamu pahami dan lakukan segera ya!

Berikut ini daftar hal yang wajib dilakukan sebelum download update iOS 16:

iPhone yang Mendukung iOS 16

iPhone apa saja yang mendukung update iOS 16? Sayangnya tidak semua iPhone yang mendukung iOS 15 juga bisa mendapatkan update iOS 16.

Ada beberapa perangkat iPhone seri lawas yang sudah tidak mendapatkan update iOS 16 alias hanya mentok hingga iOS 15.

Beberapa diantaranya adalah iPhone SE 2016, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang nantinya tidak akan mendapatkan update iOS 16.

Berikut ini daftar perangkat iPhone yang mendukung update iOS 16:

Jika kamu menggunakan salah satu iPhone dalam daftar di atas, artinya perangkat yang kamu gunakan nantinya dapat melakukan update iOS 16 ya!

Persiapan update iOS 16, iCloud Backup

Persiapan kedua sebelum download update iOS 16 adalah mencadangkan data alias backup.

Langkah ini paling penting untuk dilakukan karena bisa saja dalam proses update iOS 16 yang kamu lakukan terjadi error dan harus melakukan Restore alias instal ulang sistem operasi di perangkat iPhone yang artinya data akan hilang jika tidak dicadangkan terlebih dahulu.

Ada beragam cara backup data yang ada di perangkat iPhone dan bisa kamu lakukan sesuai kebutuhan.

Untuk backup semua data yang ada di perangkat, bisa gunakan metode Backup lewat iTunes atau Finder di Mac jika kamu punya kapasitas penyimpanan besar di komputer.

Sedangkan bagi yang lebih suka menyimpan data di cloud storage, bisa gunakan layanan iCloud Backup untuk menyimpan semua data, pengaturan dan konten foto serta video di perangkat iPhone yang kamu gunakan.

Panduan lengkap untuk melakukan Backup via komputer atau iCloud dapat kamu baca di artikel Apple Support berikut ini.

Kamu juga bisa melakukan metode backup lainnya misal cadangkan foto dan video secara manual ke komputer atau gunakan aplikasi cloud storage seperti One Drive, DropBox dan lain sebagainya.

Siapkan free storage untuk update iOS 16

Ukuran dokumen update iOS 16 berkisar antara 5GB atau lebih, tergantung perangkat yang kamu gunakan.

Agar proses download update iOS 16 dapat berjalan dengan lancar dan saat instal tidak ada masalah karena memori terlalu penuh, kapasitas penyimpanan kosong wajib dalam ukuran yang lega ya.

Tim MakeMac menyarankan kamu untuk memberikan free storage alias kapasitas penyimpanan kosong sebesar minimal 10GB sebelum download update iOS 16.

Koneksi internet untuk update iOS 16

Dokumen update iOS 16 dengan ukuran sekitar 5GB tentu saja memerlukan koneksi internet yang cepat dan stabil agar dapat cepat selesai diunduh dan instal.

Jadi silakan gunakan koneksi Wi-Fi di rumah atau kantor dengan kecepatan yang bisa diandalkan dan stabil ya.

Apabila kamu melakukan update iOS 16 dengan koneksi yang kurang stabil atau sering terputus, proses download akan lebih memakan waktu dan jika terlalu sering terputus maka ada kemungkinan harus unduh ulang dari awal.

Lakukan update iOS 16 setelah resmi tersedia, dengan cara langsung masuk ke aplikasi Settings – General – Software Update yang menampilkan info iOS 16.

Jika update iOS 16 sudah dibagikan secara resmi, ratusan juta pengguna iPhone di dunia pasti akan melakukan hal yang sama yaitu ingin segera update.

Tentunya hal ini akan membuat server Apple sangat sibuk dan aksesnya menjadi lebih lambat.

Jika kamu ingin sedikit bersabar dan menunggu untuk update iOS 16 beberapa jam atau hari setelah rilis, mungkin aksesnya akan menjadi lebih cepat dan stabil.

Mungkin kamu bisa menunggu hingga akhir pekan untuk melakukan update iOS 16 sembari mencoba sejumlah fitur baru yang diberikan Apple pada update ini.