Diduga ‘Hacker Bjorka’ Diamankan di Madiun: Masih Didalami

0
6


Jakarta – Polri membenarkan adanya penangkapan terhadap pemuda yang diduga sebagai hacker Bjorka di wilayah Madiun, Jawa Timur oleh Timsus. Pemuda berinisial MAH (21) itu masih dilakukan pendalaman.
“Saat ini untuk Timsus yang dibentuk pak Menko Polhukam, terdiri dari Menko Polhukam, kemudian dari Polri, dari BIN, kemudian dari Kemenkominfo, kemudian BSSN masih bekerja. Tentunya apa yang dilakukan nanti akan disampaikan lebih lanjut oleh Timsus,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Kamis (15/9/2022).

“Untuk yang di Madiun sedang didalami terkait menyangkut masalah yang bersangkutan. Semua tim masih bekerja semuanya Timsus ini,” imbuhnya.

Dedi mengatakan pihaknya masih belum bisa menyimpulkan bahwa pihak tersebut merupakan hacker. Pihaknya nanti akan menyampaikan informasi selanjutnya setelah dilakukan pendalaman.

“Belum disimpulkan seperti itu (hacker). Karena masih didalami oleh Timsus, saya tidak brekompeten menjelaskan sebelum timsus, nanti telah selesai bekerja,” katanya.

Selanjutnya, Dedi menyebut tim khusus yang dibentuk ini terdiri dari Kemenkopolhukam, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Sandi Siber Negara (BSSN) dan Siber Polri.
Pemuda diduga sebagai hacker bjorka diamankan Tim Cyber Mabes Polri. Pemuda berinisial MAH (21) ini diamankan di Kabupaten Madiun. Informasi yang dihimpun, sang pemuda langsung diperiksa Mapolsek Dagangan.

Seperti dilansir hingga dini hari, pemeriksaan pemuda ini masih berlangsung. Dari informasi yang dihimpun detikJatim, MAH yang merupakan warga Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Madiun. MAH diamankan sekitar pukul 18.30 WIB, Rabu (14/9).

Camat Dagangan Tarji membenarkan adanya salah satu warganya yang diamankan oleh Tim Cyber Mabes Polri.

Bjorka Tertawakan Kabar Pemerintah Indonesia Identifikasi Dirinya
“Hanya informasi laporan by phone saja (oleh kades). Secara detail kepolisian yang tahu,” ungkap Tarji seperti dilansir detikJatim, Kamis (15/9).

MAH kemudian dibawa oleh Tim Cyber ke Mapolsek Dagangan untuk menjalani pemeriksaan. MAH menjalani pemeriksaan hingga sekitar pukul 01.30 WIB dan mendapat pengamanan dari Polres Madiun.